Mengenal 4 Tipe Siswa dan Penanganannya


Tanggal Unggah : 26/12/2020 Diunggah Oleh : ADMIN 13

Salah satu cara menguasai kelas adalah dengan memahami karakter siswa. Banyak cara untuk memahaminya. Bisa dengan pendekatan secara langsung, mengenal dari orangtuanya, atau melihat siapa saja teman-temannya. Tentunya ini bukan perkara yang instan untuk bisa langsung memahami mereka.

Namun setidaknya ada 4 karakter siswa secara umum yang dapat anda jadikan acuan dalam menilai siswa-siswa anda. Berikut penjelasannya;

Pertama, ia sadar bahwa ia tahu. Siswa dengan karakteristik seperti ini umumnya yang paling disukai guru. Mereka adalah orang-orang dengan kemampuan akademik yang baik. Mereka tahu bahwa mereka mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru. Bahkan mereka dapat mengukur kemampuan mereka sendiri.

Kedua, ia sadar bahwa ia tidak tahu. Tipe kedua ini merupakan karakter siswa yang siap belajar, karena mereka ingin pintar sehingga mudah diatur.

Ketiga, tidak sadar bahwa dirinya tahu. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai bakat terpendam. Mereka hanya mengalami krisis percaya diri. Takut mencoba membuat kemampuan mereka tidak keluar. Padahal mereka bisa melakukannya.

Keempat, tidak sadar bahwa dirinya tidak tahu. Umumnya karakter ini bersifat tidak peduli. Ia mungkin menganggap dirinya sudah paham, pahadal tidak. Atau pemahaman mereka salah.

Guru perlu menyadarkan mereka bahwa mereka belum paham. Karena jika tidak, mereka akan terus merasa benar dan telah paham. Jelaskan sekali lagi dengan bahasa yang lebih ringan untuk mereka pahami. Gunakan gestur tubuh untuk menguatkan penjelasan anda. Atau anda dapat memakai alat peraga untuk memperjelas penyampaian anda.

Penulis : Admin

Hallo Sobat Smansa !!

Telah hadir Layanan Konsultasi (Chatting Only) melalui WhatsApp atau kirim email ke sma.1.alas@gmail.com