Tinta Emas Alumnus SMANAS


Tanggal Unggah : 18/11/2021 Diunggah Oleh : ADMIN 39

GOOD NEWS

Kabar gembira lagi, kali ini dari M. Akbar Syahbani (Alumni SMAN 1 Alas 2020) yang pernah menjadi Ketua Osis th. 2018,  bersama timnya di Universitas Airlangga Surabaya, baru-baru ini mengikuti lomba research idea energi terbarukan, dengan title "inovation Supermassive Energy and Cool Roof From Solar Cell Using Blackbody Radiation Theory For Future Smart House". Dalam perhelatan sains bergengsi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Institut Tekhnologi Sumatera (ITERA) ini, Akbar dan tim berhasil meraih juara Pertama. 

Konsep briliant yang diangkat adalah rancangan rumah masa depan dengan menggunakan energi terbarukan, sebagai alternatif solusi mengatasi ketergantungan terhadap pengunaan listrik konvensional yang berbahan bakar fossil.

Sederhananya, ide inovasi ini ingin mengubah kebiasaan masyarakat yang masih memakai energi fossil untuk beralih ke energi terbarukan. Aplikasinya menggunakan atap/genteng dari panel surya dengan material khusus yang mempertimbangkan suhu, dan tekanan, serta jangkauan harga produknya nanti jika dilepas ke masyarakat. 

Jadi masyarakat tidak terlalu bergantung lagi pada PLN, cukup dengan energi dari matahari yang berlimpah di negara tropis seperti negara kita. 

Panel Surya sebagai pembangkit energi memang sudah umum, tapi formula khusus sebagai bahan yang mereka tawarkan mungkin tergolong baru dari yang sebelumnya. 

Awalnya tim ini secara mandiri mewakili UNAIR, tapi setelah kemenangan besar itu, baru mereka mendapat perhatian dari fihak Universitas.

Setelah kemenangan ini, Akbar dan tim tidak berhenti sampai disitu saja. Rencana berikutnya adalah akan mengembangkan start-up sebagai media sosialisasi dan komersialisasi produknya kepada public, semacam Shopee, Tokopedia, lazada dll. Sedang dalam proses pengerjaan, rencananya mereka akan memakai brand "Menetap".

Akbar, yang berasal dari Pernang Kec. Buer-Sumbawa, putra dari Agus Sadid ini dari dulu selalu membuat kami keluarga besar SMAN 1 Alas kagum. Tahun 2018 dulu dia mengharumkan nama sekolah dengan menjadi runner up Duta Incakap Kab. Sumbawa. Kemudian pernah menjadi wakil NTB di ajang Parlemen Remaja, dan hebatnya lagi, terpilih menjadi Duta Anak NTB dan mengikuti Konggres Anak Nasional di Makassar tahun 2019.

Saat menjadi ketua Osis dulu, ia punya ide nyeleneh, yang bikin teman dan gurunya geleng-geleng, karena out of the box. Untuk mengatasi siswa yang tidak mau memasukkan baju, dia menawarkan electric kejut tegangan rendah yang dipasang pada baju seragam siswa. Saya sebagai pembina Osisnya waktu itu menjadi orang pertama yang menolak, soalnya ide ini aneh, riskan dan berbiaya lumayan.

Ternyata bakat elektronya ini bukan abal-abal, buktinya dia lulus tes jurusan Elektro di Universitas ternama.

Tidak lupa Akbar menyampaikan salam hormat kepada guru-gurunya di SMAN 1 Alas, mohon doa dan dukungan agar mampu berprestasi lagi.

Semoga prestasi Akbar terus dan terus berkembang, mengikuti jejak seniornya sesama alumni SMAN 1 Alas (2008), lulusan 

terbaik

 S3 di UNAIR juga.  Dulu saat SMA juga jadi ketua Osis, yaitu Dr. Rusdianto Sesung, S.H., MH. 


Rusdianto, yang asli Alas dari desa Juranalas, sejak di bangku SD hingga menengah atas, selalu lulus dengan nilai ujian nasional tertinggi. Di saat kuliah sarjana hingga doctor pun, Rusdi selalu menjadi wisudawan 

terbaik

.


Tahun 2009 menjadi lulusan 

terbaik

 S-1 Fakultas Hukum Universitas Mataram dengan IPK 4,0. Lalu tahun 2011, juga lulusan 

terbaik

 S-2 FH Universitas Airlangga dengan IPK 3,95, Rusdi (panggilan akrabnya) kembali dinyatakan sebagai lulusan 

terbaik

 S-3 FH UNAIR dengan IPK 3,87.


Ditanya kiatnya menjadi yang 

terbaik

, dosen FH Universitas Narotama Surabaya ini berprinsip sederhana, yakni mencintai ilmu. “Cintailah ilmu yang telah kamu pilih, sebagaimana kamu mencintai pasangan hidupmu, niscaya kejenuhan selama menyelesaikan studi akan terobati,” kata beliau.


Selain dosen, beliau juga menjadi tenaga ahli DPRD Provinsi Jawa Timur, DPRD Kab. Sidoarjo, konsultan hukum Pemprov Jawa Timur, Kab. Gresik, dan Kab. Tuban.

Keyakinan akan pilihan untuk berkarir yang sejalan dengan bidang ilmunya merupakan pilihan tepat. “Ketika Anda sudah memilih, maka syukurilah, niscaya Allah akan menambahkan nikmat-Nya kepada kita,” kata Doktor yg kini menjabat sebagai Dekan Universitas Narotama Surabaya ini. (Nuri Hermawan, 30 September 2016. UNAIR News).

Jejak sang Doktor yg berasal dari SMA yang sama, daerah yang sama dan kuliah di kampus yang sama pula, bisa menjadi panutan sekaligus barometer untuk Akbar.

(ditulis oleh Wahyuddin Samawa, 16 November 2021).

#NTBGEMILANG

#DIKBUDNTB

Penulis : Wahyuddin, S. Pd

Hallo Sobat Smansa !!

Telah hadir Layanan Konsultasi (Chatting Only) melalui WhatsApp atau kirim email ke sma.1.alas@gmail.com