Guru, Garda Terdepan Pengayom Kesehatan Mental Siswa


Tanggal Unggah : 26/12/2020 Diunggah Oleh : ADMIN 9

Elizabeth Bergner Hurlock menyatakan sekolah merupakan faktor penentu kepribadian anak, baik dalam berpikir, bersikap, maupun cara berperilaku.

Guru merupakan tiang penyangga utama penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Disebutkan pula oleh Hurlock, bahwa sekolah merupakan unit substitusi dari keluarga dan guru memiliki peran sebagai substitusi orang tua.

Tidak berlebihan rasanya jika guru di sekolah ditegaskan memiliki peran substitusi orang tua bagi siswa-siswa mereka di sekolah.

Selain muatan akademis yang dibutuhkan anak-anak kita, guru di sekolah juga memiliki peran menjaga kesehatan mental siswa-nya. Sebagai substitusi sekaligus partner orang tua.

Terkait menjaga kesehatan mental siswa, mari menilik beberapa peran guru yang melekat dalam menunjang kesehatan mental siswa, seperti memiliki tanggung jawab menjadi 'pakar psikologis pendidikan' bagi siswa-nya, lalu menciptakan suasana dan relasi yang aman dan menyenangkan, pemberi rangsangan inovasi dan kreasi, dan juga melekat juga peran petugas kesehatan mental.

Semakin jelaslah bahwa selain mengawal perkembangan akademis siswa, kesehatan mental dan kepribadian mereka merupakan tanggung jawab guru juga. Tak sederhana dan tak mudah tentunya.

Peran yang mudah dituliskan tetapi sangat rumit dalam mewujudkannya.

Memberikan pengetahuan dan pemahaman akademis menjadi tugas para guru, namun demikian memberikan lingkungan yang sehat mental merupakan tujuan yang high priority.

Penulis : Admin

Hallo Sobat Smansa !!

Telah hadir Layanan Konsultasi (Chatting Only) melalui WhatsApp atau kirim email ke sma.1.alas@gmail.com