Raih 34 Medali, Universitas Gadjah Mada Juara Umum Pekan Ilmiah Nasional Ke-33 Tahun 2020


Tanggal Berita : 29/11/2020 Diunggah Oleh : ADMIN

Yogyakarta, 29 November 2020 --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan Pekan Ilmiah Nusantara (PIMNAS) ke-33 tahun 2020 di Yogyakarta, pada 24 s.d. 28 November 2020. Universitas Gadjah Mada (UGM) selaku tuan rumah PIMNAS ke-33 berhasil menjadi juara umum dengan raihan 12 medali emas, 10 medali perak, dan 12 medali perunggu dan menerima Piala Adhikarta Kertawidya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim memberi apresiasi kepada para juara dan mengatakan kegiatan ini sebagai wahana potensi serta kreativitas mahasiswa agar semakin relevan dengan perkembangan zaman yang selaras dengan program Kampus Merdeka. Kegiatan ini, lanjut Mendikbud mengkolaborasikan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja.

“Selamat kepada seluruh peserta PIMNAS 2020. Teruslah berkarya dan menginspirasi. Program ini akan memberikan keleluasaan yang terarah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan dari luar kampus,” dikatakan Mendikbud saat menutup acara secara virtual di Yogyakarta, pada Sabtu (28/11/2020).

Mendikbud berpesan kepada seluruh civitas akademik bahwa saat ini waktunya untuk menghadirkan karya untuk membantu Indonesia membuat sebuah lompatan pada kemajuan yang lebih baik lagi.”Asalkan kita banyak coba, banyak tanya dan banyak karya dari hal yang sederhana pasti akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa,” ujar Mendikbud.

Sebagai salah satu kegiatan yang ditunggu-tungu mahasiswa, PIMNAS menjadi sangat menarik karena pada ajang inilah para calon ilmuwan masa depan bangsa diuji tanding, ditantang untuk menunjukkan idealisme dan kecendekiawanannya melalui karya-karya ilmiah yang segar dan inovatif.

Untuk pertama kalinya, PIMNAS 2020 dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) sebagai bentuk adaptasi kebiasaan berpretasi baru di masa pandemi Covid-19. Namun demikian, kondisi ini menjadi tantangan dan melahirkan gagasan dan temuan-temuan yang mengejutkan.

Bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA), Ditjen Dikti, PIMNAS tahun 2020 diharapkan menjadi peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah, mempertajam wawasan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dan meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat.

PIMNAS tahun 2020 diikuti oleh 625 tim dari 101 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang terdiri dari 2.239 mahasiswa da 552 dosen pendamping. Seluruh tim dibagi ke dalam 31 kelas untuk melakukan presentasi hasil kreasinya. Selain presentasi, penjurian poster juga menjadi acara inti dalam rangkaian kegiatan PIMNAS.

Sumber : Kemendikbud

Hallo Sobat Smansa !!

Telah hadir Layanan Konsultasi (Chatting Only) melalui WhatsApp atau kirim email ke sma.1.alas@gmail.com