PES TAMONAT


Tanggal Unggah : 16/08/2023 Diunggah Oleh : ADMIN 4457


(Kearifan Lokal 13)

Ada satu kuliner unik khas Sumbawa, setelah browsing2 nggak saya temui ada di daerah lain, yaitu pepes Tamonat. Tamonat itu istilah Sumbawa untuk menyebut hewan laut, yg kata kawan saya guru Biologi, adalah sejenis ubur-ubur (Jelly Fish). Kalo ada yg punya pendapat lain boleh dibantah.

Ternyata olahan ini lezat sekali menjadi lauk. Asli maknyoss, nasinya nambah lagi nambah lagi. Apalagi kalo saat berbuka puasa.

Terdata ada ribuan spesies ubur-ubur di seluruh dunia dan  memiliki sengatan sebagai pertahanan diri. Beberapa diantaranya terkenal sangat berbahaya. Tentakelnya menyimpan ribuan sel nematosit (racun). Bisa menimbulkan kerusakan serius pada tubuh manusia bila terkena sengatnya.

Masyarakat Sumbawa (pesisir) secara turun temurun mahir mengolah kuliner ini dengan proses yang cukup rumit dan hati2 mengingat kandungan racunnya.

Tamonat yg diolah ini masih dalam fase medusa (menempel) berbentuk seperti batang pohon,  sebelum fase folip (bergerak).

Sebelum Tamonat dipepes, digosok dulu dengan benda yg bertekstur kasar sampai kempes dan lendir2nya hilang. Jadi nggak usah heran kalo Tamonat yg tadinya besar, susut separuhnya. Selanjutnya dipotong2 kemudian ditumis setengah matang dengan bumbu dominan kemiri dan daun bawang merah. Barulah kemudian dipepes dengan daun pisang.

Di pasaran anda bisa mendapatkan pepes Tamonat dengan harga 10 -15 ribu per pepesnya, berisi 3 potong daging Tamonat. 

Saya jamin kalo anda makan dengan lauk ini, akan nambah lagi nambah lagi.

Penulis : Wahyuddin, S. Pd

Hallo Sobat Smansa !!

Telah hadir Layanan Konsultasi (Chatting Only) melalui WhatsApp atau kirim email ke sma.1.alas@gmail.com